Motor Baru harapan baru
hahaha lebay
hahaha lebay
untuk anda pengguna motor baru, atau yang baru bli motor baru
ini ada beberapa Tips-tips inreyen yang baik dan benar
ini ada beberapa Tips-tips inreyen yang baik dan benar
Semoga bermanfaat
ini ada beberapa tips inreyen yang baik dan
benar: Usahakan untuk tidak memperlakukan motor anda secara ekstrim pada saat
500 km pertama seperti menekan tuas gas terlalu penuh pada saat start,
berkendara dengan kecepatan tinggi, atau melakukan pengereman secara mendadak.
Kesalahan penggunaan pada motor baru hanya akan berakibat komponen yang
terbentuk akibat gesekan atau tumbukan tidak akan bekerja secara optimal.
Atur putaran mesin yang dihasilkan oleh motor anda
dengan cara mengendalikan RPM motor anda di angka yang stabil dan tidak
melebihi batas yang dianjurkan pada buku pedoman pemakaian motor anda. Memaksa
motor anda untuk langsung melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal digunakan
hanya akan memperpendek usia komponen-komponen di dalamnya akibat gesekan yang
berlebihan.
Hindari berkendara secara ekstrim terutama pada saat
kondisi jalan basah atau licin. Ban motor baru anda masih mengalami proses
adaptasi sehingga grip yang dihasilkan di atas jalanan masih belum begitu
optimal dan beresiko slip.
Jangan mengangkut beban yang berlebihan pada saat masa
inreyen. Hal ini hanya akan menambah beban kerja komponen-komponen dalam motor
anda dan mengurangi usia pemakaian motor anda ke depannya.
Segera ganti oli motor anda dengan yang baru setelah
anda melalui 1000 km pertama. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa partikel hasil
gesekan antar komponen seperti serpihan logam pembentuk komponen tersebut dapat
larut dan dibuang bersama oli bawaan motor anda. Jangan ragu untuk menguras oli
dalam motor anda meskipun jarak yang anda tempuh masih belum begitu jauh dan
umumnya belum diharuskan untuk mengganti oli. Hal ini bertujuan untuk
mempermudah kinerja komponen motor anda dan terhindar dari penggumpalan
partikel sisa.
Patuhilah setiap panduan yang terdapat dalam buku
pedoman pemakaian motor anda. Meskipun komponen yang terdapat dalam motor anda
sudah diuji kualitasnya oleh pihak pabrik, namun pada akhirnya anda lah yang
harus menguji performa motor anda sendiri sejak pertama kali digunakan, serta
merawatnya agar tetap awet dan bertenaga.
Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah membiasakan
diri dengan motor baru anda sendiri. Dalam hal ini, masa inreyen tidak hanya
berlaku pada motor saja, namun pengendaranya juga harus melewati masa adaptasi
guna mencegah resiko yang terjadi akibat kelalaian si pengendara. Tiap jenis
motor akan berbeda dalam hal jarak antara stang dan jok motornya, sehingga akan
mempengaruhi handling yang dihasilkan terutama pada saat berbelok atau
meliuk-liuk di jalanan. Cobalah untuk membiasakan diri Anda untuk memahami
sudut belokan yang nyaman pada motor baru anda.
Sumber: FP Yamaha Motor Indonesia
https://www.facebook.com/yamaholigan/posts/10153755442637643?comment_id=10153756522287643¬if_t=feed_comment¬if_id=1466652280395582